Daftar Istilah Mengenai Jam Tangan dan Artinya

Daftar Istilah Mengenai Jam Tangan dan Artinya – Jam tangan atau jam tangan adalah gadget kecil yang sarat dengan teknologi. Jika kita ingin memilih atau membeli arloji, kita sering menemukan banyak istilah khusus yang sulit dipahami. Kita dapat menemukan ketentuan ini di perangkat, pada kemasan, brosur, kartu garansi, ulasan jam tangan, dll.

Istilah Mengenai Jam Tangan

Jika kita tidak memahami arti jam tangan dengan benar, kita mungkin salah dalam memilih atau membeli. Nah, agar tidak membuat pilihan yang salah, berikut adalah beberapa istilah yang paling sering kita temukan ketika kita ingin memilih jam tangan.

Alarm: Suatu mekanisme dalam jam yang menghasilkan suara, seperti suara “kring” atau “beep”, pada waktu tertentu sebelumnya.

Altimeter: Alat untuk mengukur ketinggian dengan mendeteksi perubahan tekanan udara.

Analog: Jam yang menggunakan jam, menit, dan detik sebagai arloji.

Analog-Digital Watches: Jam tangan yang memiliki dua tampilan yaitu analog dan digital sebagai arloji.

Anti-Magnetik: Jam tangan mekanik biasanya rentan terhadap magnet, karena magnet dapat memengaruhi keseimbangan dan ketepatan waktu. Jam tangan label anti-magnetik dapat menahan pengaruh magnet dari perangkat elektronik lain seperti speaker, televisi, lemari es, dll.

Bukaan: Jendela kecil pada arloji untuk menampilkan informasi seperti tanggal dan hari, juga biasa disebut sebagai jendela sambung.

Applique: Angka, huruf, atau simbol lain yang melekat pada tombol jam.

Atmosfer (ATM): Unit yang digunakan untuk menentukan ketahanan air, tekanan udara. 1 atm setara dengan kedalaman air 10 meter.

Arloji Otomatis: Juga dikenal sebagai arloji berliku, yang merupakan jam yang dapat bergerak sendiri hanya dari gerakan kecil pemakainya. Misalnya saat pengguna sedang berjalan. Jam otomatis yang tidak digunakan dalam waktu lama dapat berhenti, dan perlu dipindahkan untuk memulai kembali.

Baguette: Model arloji wanita yang sempit tapi memanjang.

Bezel: Cincin yang melingkari permukaan kristal atau arloji, bentuknya bisa dekoratif atau juga dapat diputar untuk fungsi arloji tertentu.

Apa Saja Istilah Dari Jam Tangan?

Gelang: Gelang jam yang terdiri dari beberapa tautan yang saling terkait. Menambah atau mengurangi tautan akan mengubah ukuran gelang.

Casing: Bagian dari jam yang berisi komponen yang bergerak di dalamnya.

Kronograf: Dalam konteks ini, kronograf berarti kemampuan untuk menampilkan waktu dengan fungsi tertentu, misalnya dalam mengukur berapa lama (seperti stopwatch) dll.

Kronometer: Dalam konteks ini, ini berarti jam yang sangat akurat yang telah melewati standar akurasi ketat yang dikeluarkan oleh COSC (Control Officile Suisse de Chronometers).

Gesper: Gesper gelang arloji. Biasanya digunakan pada gelang arloji dari kulit atau gelang arloji lunak.

C.O.C. : Singkatan dari Officiles Kontrol Suisse de Chronometers, yang merupakan institusi di Swiss yang mengatur standardisasi dan menguji status chronometer.

Kristal: Penutup permukaan transparan dari jam, seperti “kaca”, dapat dibuat dari kaca, plastik atau safir sintetis.

Kedalaman Alarm: Fitur arloji untuk mengingatkan penyelam bahwa posisi kedalaman tertentu telah tercapai.

Depth Meter: Juga dikenal sebagai sensor kedalaman, yang merupakan fitur yang dapat menentukan kedalaman saat menyelam dengan mengukur tekanan air.

Dial: Permukaan jam atau area jam tangan yang biasanya ditandai dengan angka atau jam, sehingga kita bisa mengetahui waktu pasti jam atau menit.

Jam Digital: Jam yang menampilkan arloji dengan angka, dan bukan jarum jam atau menit.

Diver’s Watch: Jam tangan untuk para penyelam, biasanya mampu bertahan hingga kedalaman 200 meter atau lebih, permukaannya memiliki fitur khusus sehingga mudah dilihat.

Waktu Ganda: Jam tangan yang dapat menampilkan zona waktu lain selain zona waktu pemakai.

Jam Elektronik: Jam tangan yang beroperasi menggunakan listrik, tidak seperti jam mekanis.

Apa Saja Istilah Populer Dari Jam Tangan?

GMT: Singkatan dari Greenwich Mean Time. Standar 24 jam mengacu pada Royal Observatory di Greenwich England.

Berlapis Emas: Jam tangan yang terbuat dari logam kemudian dilapisi atau dilapisi emas, ini untuk membedakan dari jam tangan yang seluruhnya terbuat dari emas.

Handwinding: Jam tangan yang dapat mengubah gerakan tangan pengguna menjadi sumber energi.

Gelang Terpadu: Model jam tangan dengan gelang yang menyatu dengan casing jam.

Kinetic: Jam tangan dengan gerakan kuarsa, yang sumber energinya berasal dari gerakan pemakainya, bukan daya baterai.

Lap Timer dan Lap Memory: Lap Timer adalah fitur jam tangan olahraga yang dapat menghitung waktu putaran dalam perlombaan. Setelah putaran berlalu, dan timer putaran diatur ulang, itu akan segera menghitung waktu putaran berikutnya mulai dari nol. Maka waktu yang telah dihitung pada setiap putaran akan disimpan di Memori Lap.

Luminescence: Fitur yang memungkinkan permukaan jam tangan terlihat (dan membaca) bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Mineral Crystal: jenis kaca yang lebih tahan gores daripada akrilik.

Waktu Militer: Waktu standar yang membagi semalam menjadi 24 jam, bukan 2 x 12 jam (pagi dan sore).

Kinetic: Mekanisme internal yang memungkinkan arloji diatur waktunya.

Pedometer: Penghitung langkah saat berjalan atau berlari

Arti istilah yang terkait dengan jam tangan – jam tangan di atas hanya merupakan panduan agar mereka tidak salah dalam memilih, bukan dalam arti resmi seperti kamus. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *